oleh

Staf Ahli Pembangunan Apresiasi Kegiatan FLS2N dan O2SN Tingkat Kabupaten Lutim

-Luwu Timur-60 views

Luwu Timur — Staf Ahli Pembangunan, Rapiuddin mewakili Bupati Luwu Timur (Lutim) didampingi oleh Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lutim, Hj. Harisah Suharjo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, La Besse, Ketua Dewan Pendidikan, H. Adrias Bara, Sekretaris Disdikbud, H. Basruddin, membuka Kegiatan Minat Bakat dan Kreativitas Siswa Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Sekolah Dasar dan Swasta Tahun 2022 se Luwu Timur, di Aula Disdikbud, Selasa (31/05/2022).

Staf Ahli Pembangunan, Rapiuddin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih sekaligus menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Lomba Minat Bakat dan Kreativitas Siswa Tingkat SD/Mi se-Kabupaten Lutim. Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk memfasilitasi potensi-potensi yang ada pada tiap anak di Kabupaten Lutim, sehingga para siswa dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

“Ini merupakan momen strategis bagi para generasi muda untuk mengeksplore potensi diri untuk menemukan minat dan kegemaran yang dapat menjadi cikal bakal dalam pengembangan kualitas diri kedepan,” harapnya.

Dia menambahkan bahwa, semua anak memiliki potensi untuk kreatif namun tingkat kreativitasnya berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu dirangsang dan diberikan kesempatan oleh lingkungan dan fisik untuk menstimulus agar tumbuh kreativitas anak. Membentuk anak yang kreatif dan cerdas, tidak hanya cukup memberikan pendidikan intelektual saja, namun perlu diimbangi dengan pendidikan yang mampu mengasah kreatifitas anak.

“Anak dengan kemampuan intelektual yang baik dan kreatifitas yang tinggi mampu berpikir dengan cara multidimensional. Sehingga mereka selalu siap dan mampu beradaptasi dalam menghadapi perkembangan kondisi dan sosial disekitarnya,” kata Rapiuddin.

Terakhir, Staf Ahli Pembangunan berpesan kepada peserta pendidik untuk menjadi generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta menjauhkan diri dari bahaya narkotika dan minuman keras. “Belajarlah dengan tekun dan giat, serta terus gali potensi diri guna menyongsong kehidupan kedepan yang lebih cemerlang,” harap Rapiuddin.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, La Besse mengatakan bahwa, kegiatan hari ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu guna memberikan wadah kepada seluruh peserta didik untuk menyalurkan potensi yang dimiliki.

“Insha Allah, kita akan mengadakan kegiatan seperti ini dengan melibatkan seluruh peserta didik baik SMP maupun SMA,” kata La Besse.

Kadis Disdikbud juga menyampaikan terkait persiapan FLS2N dan O2SN untuk tetap menjaga internal sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik.

“Kegiatan ini merupakan wadah pembinaan anak-anak kita yang memiliki potensi, bakat, memiliki intelektual, dan sportivitas. Mari saling menjaga, saling menguatkan sehingga kegiatan ini bisa berlangsung dengan aman, tertib dan lancar,” tutupnya.

Sementara Komisi I DPRD Lutim, Hj. Harisah Suharjo menyampaikan bahwa, DPRD mensupport kegiatan FLS2N dan O2SN dan merupakan salah satu wadah untuk menyalurkan bakat dan minat bagi peserta didik.

“Ini merupakan program kegiatan yang luar biasa, membangun kreatifitas anak-anak. Di usia seperti ini harus kita jaga, hargai, dan mensupport,” kata Harisah Suharjo.

Oleh karena itu, Politisi PAN ini berharap kepada semua yang mengikuti kegiatan tersebut untuk berpartisipasi dalam pencegahan perkawinan anak. “Mudah-mudahan hak-hak anak kita tetap bisa terpenuhi,” harapnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, para Ketua K3S se-Kabupaten Lutim, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah XII, Dewan Yuri, Para Pendamping, Kepala Sekolah Dasar se-Kabupaten Lutim dan Disdikbud. (ikp-kehumasan/kominfo-sp)

Komentar