oleh

Tips Menyimpan Semen Mortar Nasional Agar Awet

-Ekonomi-323 views

Banyak yang masih belum mengerti bagaimana cara penyimpanan semen mortar nasional yang benar agar menjadi lebih awet untuk digunakan di kemudian hari.

Semen instan mortar dari produsen PT Mortar Nasional yang anda simpan menjadi lebih cepat keras dan tidak bisa dipakai??? Nah, siapa yang sering mengalami hal ini??

Cara menyimpan semen mortar yang benar

Jadi, semen mortar nasional yang mengeras bukan berarti kualitas dari semen tersebut tidak bagus, melainkan cara menyimpan semen mortar tersebutlah yang perlu diperhatikan. Menyimpan semen mortar tidak bisa diletakkan begitu saja di tempat terbuka. Karena hal ini akan menjadikan kualitas semen mortar menjadi cepat mengalami penurunan.

Berikut ini beberapa tips mengenai cara menyimpan semen instan yang benar agar semennya jadi awet dan bisa digunakan lagi dikemudian hari :

  • Simpan semen di ruangan tertutup – Agar semen mortar nasional tidak berkontak langsung dengan sinar matahari ataupun hujan.
  • Berikan alas pada bagian bawah tumpukan semen – Supaya semen tidak langsung bersentuhan dengan lantai atau mungkin terkena air
  • Beri ruang agar udara tidak lembab – Semen yang disimpan pada ruangan tertutup, harus diberi sirkulasi udara agar tidak lembab.
  • Tumpuk semen secara bersilang – Tujuannya agar posisi tumpukan semen lebih seimbang dan tidak mudah jatuh.
  • Jaga kebersihan ruangan – Dengan kebersihan ruangan yang terjaga, maka semen juga akan tetap bersih dan tahan lama.

Semen mortar sangat direkomendasikan untuk kebutuhan pembangunan rumah hunian tempat tinggal, karana memiliki banyak keunggulan. Jenis – jenis semen mortar yang umum beradar dipasar material bahan bangunan cukup bervariatif, seperti semen mortar untuk perekat pasangan bata ringan / hebel, mortar untuk plesteran dinding, mortar untuk acian plesteran, mortar untuk pasangan keramik, dan lain-lain.

  • Thinbed mortar : merupakan mortar perekat bata ringan / hebel. Tukang atau mandor bangunan sering menyebutnya dengan lem hebel atau lem perekat hebel karena saking tipis dan hematnya pemakaiannya. Daya sebar mortar instan ini lebih kurang sekitar 10 – 14 meter persegi dinding untuk kemasan @40kg
  • Plester siap pakai : adalah semen mortar plesteran dinding, bisa diaplikasikan untuk dinding bata ringan, bata merah, atau batako. Enaknya pake mortar ini karena tidak perlu repot tambah pasir lagi, praktis. Mortar plester yang bagus adalah yang memiliki komposisi dan konsistensi campuran yang homogen. Daya sebar sekitar 2.5 – 3 meter persegi untuk kemasan sak 50kg.
  • Mortar acian instan : merupakan mortar yang diformulasi khusus untuk menghaluskan permukaan dinding. Berbeda dengan semen biasa, mortar acian ini bersifat anti retak rambut dan warnanya cerah. Keuntungan jika sudah menggunakan acian adalah tak perlu lagi diplamir sehingga lebih hemat biaya.
  • Mortar perekat keramik : Pernah melihat lantai keramik terangkat atau terlepas dengan sendirinya..? itu namannya fenomena popping karena pengaruh cuaca dan deformasi material. Aplikasinya bisa sebagai perekat keramik dinding dan perekat keramik lantai. Mortar khusus pemasangan keramik ini diformulasi agar keramik merekat kuat dan tak mudah terlepas dari dasar (popping).

Jadi itulah beberapa tips cara penyimpanan semen instan yang benar agar kualitasnya tetap terjaga!

Komentar