oleh

Tips Merawat Kura-Kura Cherry head

NARASITANALUWU.CO.ID Cherry head adalah salah satu jenis kura Kura yang suka makan. Untuk kura Kura dewasa biasanya akan memakan berbagai jenis sayuran, tumbuhan hijau bahkan buah-buahan. Cherry head akan senang jika diberi makanan tambahan seperti serangga atau cacing tanah. Makhluk hidup ini termasuk dalam jenis hewan omnivora.

Cara merawat Kura Kura Cherry Head

Merawat kura Kura tidak hanya melihat bagaimana makannya, pengobatan dan lainnya tetapi juga kebersihan tempat tinggalnya. Anda harus membersihkan kotorannya, jika ada.

Maka jangan heran kalau harga kura-kura darat ini lumayan mahal. Apalagi kalau kura-kura tersebut berasal dari luar negeri, kami jamin harganya pasti akan sangat mahal. Salah satu tempat jual kura kura darat yang saat ini menjadi tempat terbaik adalah exotic market Indonesia. Tidak hanya kura-kura saja, namun juga terdapat banyak pilihan reptil terbaik di tempat jual hewan peliharaan reptil ini.

Cara untuk memandikan kura Kura cherry head adalah dengan membasuh halus dengan menggunakan kain dan gosok bagian cangkang dengan minyak. Hal ini akan membantu mengangkat kotoran dan membuat cangkang lebih bersih. Setelah, memastikan kura Kura sudah bersih. Anda harus menjemur cherry head setiap hari di pagi hari untuk mendapatkan vitamin dari sinar matahari. Waktu yang digunakan untuk menjemur sekitar 20 sampai 30 menit.

Jika anda memutuskan untuk menempatkan kura Kura di air yang dangkal, kebiasaan kura Kura akan meminum air dan menyiram air tersebut ke tubuh pada waktu yang sama.

Kura Kura dengan jenis cherry head sebenarnya adalah kura Kura yang jinak. Kura Kura darat ini bisa diajak bermain sehingga sangat aman untuk anak-anak yang ingin memeliharanya.

Membedakan Jantan dan Betina

Untuk memelihara kura Kura, anda harus memahami bagaimana cara membedakan jenis kura Kura jantan dan betina. Caranya adalah dilihat dari cangkangnya. Cangkah pada cherry head jantan lebih panjang dan ramping sedangkan betina, ukurannya pendek dan lebar.

Selain itu, dibedakan dari cakar. Cakar pada cherry head lebih tajam karena digunakan untuk mencakar saat kawin. Plastron bisa membantu anda membedakan jantan dan betina. Jika kura Kura jantan, bentuk plastronnya lebih cekung dan pada betina, bentuk plastronnya rata. Bagian perut betina lebih luas dibanding jantan karena untuk mengandung bayi kura Kura.

Bentuk ekor pada jantan terlihat lebih panjang, besar, tebal sedangkan betina, bentuk ekornya lebih kecil, pendek dan lebih terlihat melipat ke kiri.

Cara Ternak Kura Kura Cherry Head

Tidak hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan, cherry head juga dimanfaatkan untuk bisnis. Budidaya kura Kura memang sangat menghasilkan dan cara terbaik untuk menjaga populasinya agar tidak punah.

Kura Kura memiliki banyak peminat, mudah untuk dipelihara, tidak memerlukan biaya yang mahal untuk memeliharanya dan biasanya diikutkan kontes. Oleh karena itu, hewan reptil ini relatif sangat mahal. Lalu bagaimana cara untuk beternak kura Kura jenis cherry head?

Mulailah dengan menyiapkan kandang yang ideal. Dinding kandang cherry head harus setinggi kaki.

Tambahkan kawat di bagian atas agar terhindar dari hewan lain. Pasang lampu dan sediakan tempat untuk minumnya. Tambahkan tempat khusus untuk kura Kura agar dapat bersembunyi. Mengetahui cara merawat dan mengawinkannya. Pastikan wadah air tidak melebihi dagu kura Kura dan jangan biarkan cherry head dehidrasi.

Untuk mendapatkan kura Kura yang sehat, pastikan makanannya mendapat nutrisi yang baik dengan makanan yang bervariasi setiap harinya. Cara mengawinkannya adalah kura Kura jantan akan berjalan mendekati betina di bagian belakang. Betina akan bersarang 5 hingga 6 minggu setelah melakukan perkawinan. Cherry head bisa menghasilkan 2 sampai 7 telur. Umumnya kura Kura cherry head betina akan menggali sarangnya sendiri untuk bertelur hingga 20 cm dalam tanah.

Cherry head sangat jarang untuk bertelur di permukaan tanah. Masa inkubasi hingga 150 hari. Lakukan perawatan dan pengobatan kura Kura untuk mendapatkan hasil yang baik dan sempurna.

Jenis kura Kura cherry head ini dapat dijadikan hewan peliharaan yang aman dan juga ide bisnis yang menguntungkan. Oleh karena itu, anda harus banyak memahami informasi terkait makanan, kandang, cara membedakan hingga bagaimana cara berternaknya. (*/dirman)

Komentar